Sakral: Fungsi Wedding Organizer Dalam Mempersiapkan Pernikahan Anda

Sakral: Fungsi Wedding Organizer Dalam Mempersiapkan Pernikahan Anda – Hampir tidak ada pasangan yang bisa membayangkan rencana pernikahan mereka akan berubah di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Banyak pasangan yang awalnya menyiapkan pesta besar-besaran, berubah menjadi sederhana dan hanya dilakukan di rumah. Ya, semua ini harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tapi, jangan khawatir, karena pernikahan sederhana yang digelar mesra di rumah juga bukan ide yang buruk. Menyelenggarakan pernikahan di rumah akan tetap Sakral dan berkesan, jika dipersiapkan dengan matang. Nah, berikut ini beberapa tips dari wedding organizer, untuk kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan di rumah. Simak informasi berikut ini.

1. Tentukan Konsep Pernikahan

decor rustic sakral 1

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan konsep pernikahan. Banyak sekali tema pernikahan yang bisa Anda ikuti, misalnya penggunaan warna-warna cerah dalam konsep pernikahan modern, tradisional, atau kontemporer.

2. Pilih Layanan Dokumentasi Dan Live Streaming Yang Berpengalaman

Setelah menentukan konsep pernikahan, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih layanan dokumentasi untuk kebutuhan live streaming Anda. Menurut kami, ini penting karena saat menggelar pernikahan di era pandemi, kami tidak bisa mengundang banyak tamu dan harus menggunakan portal live streaming untuk membantu menyiarkan hari bahagia Anda.

Ada banyak portal digital yang bisa Anda pilih untuk berbagi prosesi pernikahan, seperti Zoom, Google Meet, YouTube, hingga Instagram. Apa pun portal digital yang Anda pilih, kami sarankan agar koneksi internet Anda tetap stabil, dan pastikan untuk memilih vendor yang berpengalaman dan terpercaya.

3. Alokasikan Budget Pernikahan Dengan Tepat

Anda juga harus menentukan terlebih dahulu berapa anggaran yang akan digunakan. Alokasi anggaran ini bisa lebih efisien karena jumlah tamu undangan yang lebih sedikit, namun bisa juga membengkak karena banyaknya hampers yang harus dikirim sebagai pengganti undangan.

Sebanyak 30 persen anggaran bisa digunakan untuk venue dan katering. Sedangkan 20 persen bisa dialokasikan untuk kebutuhan dokumentasi dan dekorasi. Yang terpenting, sediakan 15 persen untuk kebutuhan tes antigen.

4. Selalu Perbarui Peraturan Pemerintah

Penting untuk mengawasi perubahan peraturan pemerintah di daerah di mana Anda berencana untuk memiliki pernikahan Anda. Pasalnya, setiap daerah memiliki aturan dan ketentuan berbeda terkait pernikahan di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, kami selalu menganjurkan agar calon pengantin selalu update tentang aturan terbaru atau izin terbaru yang diberlakukan oleh pemerintah setempat, agar pernikahan tetap berlangsung tanpa melanggar protokol kesehatan.

5. Manfaatkan Platform Digital Untuk Memenuhi Kebutuhan Pre-Wedding Anda

Sebelum pernikahan ada berbagai kebutuhan dan persyaratan yang harus Anda penuhi. Misalnya gaun pengantin, dekorasi, souvenir, undangan, hingga jasa foto dan catering. Untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, kami juga menyarankan Anda untuk memanfaatkan platform digital.

Saat menghadiri pernikahan seseorang, pernahkah Anda bertanya-tanya apa saja fungsi dan tugas dari wedding organizer (WO) yang ada? Mengapa banyak orang mulai memilih menggunakan wedding organizer untuk momen sakralnya? Sebelum membahas tugas wedding organizer, tidak ada salahnya untuk mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Wedding Organizer?

Jika kita mundur beberapa tahun ke belakang, mungkin istilah wedding organizer masih terdengar asing bagi banyak orang. Mayoritas calon pengantin lebih memilih untuk mempersiapkan upacara pernikahannya sendiri, dengan bantuan keluarga atau kerabat dekat. Seiring perkembangan zaman, banyak yang mulai menyadari keberadaan wedding organizer dan mulai menggunakan jasa mereka.

Pasalnya, para calon pengantin yang sebagian besar merupakan kaum milenial sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Saking padatnya jadwal ini, calon pengantin merasa kesulitan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan mereka. Disinilah tugas wedding organizer sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran sebuah pesta pernikahan. Mulai dari prosesi akad hingga resepsi.

Dalam menjalankan tugasnya, wedding organizer akan dibagi menjadi beberapa tim untuk membantu melaksanakan pernikahan seseorang. Tujuannya agar semua bagian yang terlibat di hari H bisa dikerjakan tanpa ada yang terlewat.

Perbedaan Antara Wedding Organizer Dan Wedding Planner

Sebelum melanjutkan membahas tugas wedding organizer, Anda harus tahu dulu perbedaan wedding planner dan wedding planner. Pasalnya, selama ini banyak yang menganggap kedua penyedia jasa nikah itu sama. Sebenarnya tidak. Wedding planner memiliki kewajiban untuk mengurus konsep pernikahan dari awal. Mereka akan membantu mempersiapkan pernikahan calon pengantin, mulai dari memikirkan konsep, membuat jadwal, hingga memilih vendor yang tepat.

Sedangkan tugas wedding organizer lebih untuk membantu mewujudkan citra dan konsep pernikahan yang sudah dipikirkan oleh calon pengantin. Biasanya wedding organizer akan menanyakan daftar vendor yang dipilih oleh calon pengantin untuk membantu proses komunikasi guna memastikan kelancaran segala persiapan.

Perbedaan lainnya adalah terkait soal waktu. Dimana wedding planner mulai bekerja minimal enam bulan sebelum hari H karena harus mempersiapkan segala sesuatunya dari awal. Sedangkan tugas wedding organizer masih bisa dilakukan satu bulan sebelum hari pernikahan calon pengantin.

Fungsi Wedding Organizer Dalam Mempersiapkan Pernikahan Anda

Sekilas mungkin menyenangkan bisa membantu calon pengantin mewujudkan pernikahan impiannya. Meski begitu, pekerjaan wedding organizer sebenarnya sangat menantang karena membutuhkan komunikasi yang baik, daya tanggap, dan semangat kerja keras yang tinggi dalam menjalankan setiap tugasnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tugas wedding organizer yang penting untuk kesuksesan pernikahan kedua mempelai:

Berkoordinasi Dengan Semua Vendor Yang Dipesan

Tugas pertama wedding organizer adalah memastikan pekerjaan semua vendor yang telah Anda pesan. Perlu diingat, Anda perlu memberikan daftar semua vendor yang dipesan saat Anda bertemu dengan wedding organizer. Misalnya, berkoordinasi dengan tim venue untuk memastikan layout sudah dibuat sesuai keinginan. Contoh lainnya adalah mengatur tata letak antara katering dan tim dekorasi agar tidak terjadi bentrokan atau perbedaan.

Tidak hanya itu. Wedding organizer juga harus menyiapkan rundown atau jadwal acara dan mendistribusikannya ke semua vendor. Dengan begitu, semua vendor bisa mengetahui waktu loading barang dan jam berapa mereka harus standby selama acara berlangsung.

Berkoordinasi Dengan Keluarga Calon Pengantin

Tidak hanya pada vendor, tugas wedding organizer juga mencakup koordinasi dengan keluarga calon pengantin. Biasanya pihak keluarga juga berinisiatif untuk membantu keberlangsungan pernikahan. Misalnya menjadi resepsionis atau penanggung jawab konsumsi. Selama persiapan, wedding organizer juga berperan sebagai jembatan antara vendor dan keluarga pengantin wanita.

Selain itu, wedding organizer juga bertugas membantu kebutuhan keluarga calon pengantin selama acara berlangsung. Misalnya, membuat catatan daftar untuk foto grup atau permintaan khusus lainnya. Di hari H, wedding organizer juga wajib memberikan arahan kepada keluarga tentang apa yang harus mereka lakukan. Tujuannya agar keluarga juga bisa mengikuti rundown yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

Mengurus Segala Kebutuhan Mempelai Wanita

Meski sudah hari H, tugas wedding organizer masih belum selesai. Mereka tetap harus mendampingi dan memenuhi segala kebutuhan calon pengantin di pelaminan agar tidak bingung. Termasuk menyiapkan makanan untuk mereka dan hal-hal kecil lainnya.

Selain mempersiapkan semua itu, tim wedding organizer juga akan mengarahkan calon pengantin agar rundown yang dibuat bisa berjalan dengan baik. Sehingga acara dapat berjalan sesuai rencana dan selesai tepat waktu. Pilihan terbaik bagi Anda yang menyewa gedung atau ruangan sebagai venue pernikahan Anda.

Menyelenggarakan Acara

Tugas wedding organizer lainnya adalah mengorganisir acara pernikahan. Ini adalah tanggung jawab terbesar dari tim wedding organizer. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk memastikan semua acara bisa berlangsung. Tim wedding organizer harus tiba di lokasi terlebih dahulu untuk melakukan berbagai persiapan akhir sesuai dengan pembagian tugasnya masing-masing.

Mereka juga harus memastikan semua pihak penyelenggara, keluarga, dan calon pengantin telah hadir di setiap sesi rundown acara. Bisa dibilang sukses tidaknya sebuah acara pernikahan sangat tergantung dari kinerja tim wedding organizer.

Menjadi Pencatat Waktu

Sebagai penyelenggara acara, tugas wedding organizer lainnya adalah menjadi time keeper untuk memastikan waktu sesuai dengan rundown. Tim wedding organizer harus mengingatkan setiap vendor kapan harus mempersiapkan dan mengecek kesiapannya sebelum acara dimulai.

Jalankan Rencana Darurat

Meski sudah direncanakan sedemikian rupa, ada kalanya rundown yang dibuat harus menghadapi kendala-kendala tertentu. Misalnya, terjadinya hujan deras saat menggelar pesta pernikahan di lokasi outdoor. Disinilah tugas dari wedding organizer adalah menjalankan contingency plan yang telah dibuat.

Mereka akan berkoordinasi dengan keluarga dan vendor mengenai langkah-langkah yang harus diambil. Berkat ini, banyak orang mulai tertarik menggunakan jasa wedding organizer. Karena mereka tidak perlu lagi khawatir jika ada hal-hal yang tidak diinginkan selama pernikahan.

Menyelesaikan Tugas Pasca Acara

Acara usai, tugas wedding organizer masih belum usai. Saat acara selesai, tim wedding organizer bertanggung jawab untuk mengirimkan berbagai hadiah. Hadiah, hingga mahar milik kedua mempelai ke rumahnya. Tak hanya itu, tim wedding organizer juga wajib memastikan keamanan kotak amplop berisi uang dari para tamu undangan selama acara berlangsung. Biasanya kotak ini cukup rentan terhadap ancaman maling nakal.

Demikian ulasan artikel tentang Sakral: Fungsi Wedding Organizer Dalam Mempersiapkan Pernikahan Anda. Semoga bermanfaat.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published.

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.

Categories

On Key

Related Posts